Tuesday, March 30, 2004

Self Denial

Kemarin itu gua ngobrol ama seorang temen gua. Dia ngebahas 1 anak yg ternyata gay. Not 'bout the gay nya yg jadi masalah. Tapi krn dia itu justru org yg paling heboh nolak gay sampe pake ayat-ayat Quran. Dan setiap kali ada apa-apa soal gay justru dia yg paling heboh nolaknya. But ternyata dia sendiri gay.

Gua jadi mikir. Ini anak begitu kira-kira pasti krn 2 sebab berikut ini:
1. Ngga mau ketahuan gay krn takut ditolak kiri kanan
2. Self Denial

Dan entah kenapa gua cenderung berpikir ke arah self denial itu sendiri. Dan gua jadi ngerasa kasian sama itu anak.


But itu mungkin kasus yg extreme nya. Seringkali dalam kehidupan kita juga kita banyak sekali self denial... mungkin ini yg sering kita sebut konflik diri? Atau 'pembelaan' terhadap diri sendiri ketika kita berbuat salah? Misalnya meminjam istilah Rasul Paulus: duri dalam daging? Padahal belum tentu yg ngomong itu bener-bener ngerti maksud Rasul Paulus tentang duri dalam daging. Gua juga masih mencari tau sich.. ^^

Tapi gua jadi inget 1 statement...


Dosa bukanlah kelemahan, tapi dosa adalah dosa.


and sometimes kita semua mengalasakan dosa kita by "kelemahan".. :(

No comments: