Thursday, March 25, 2004

Keterbukaan..

Sering banget gua denger bahwa keterbukaan adalah awal kesembuhan. Entahlah apakah pernyataan ini berlaku pada semua kasus, tapi yang pasti pada kenyataannya emank sangah ampuh sebagai titik start suatu kesembuhan. Bagaimana dengan orang yang lebih suka nutupin masalah seperti gua? Yang tidak suka orang lain melihat isi hati gua dan ikut campur dalam urusan gua? Yang lebih suka mengungkapkan semuanya lewat tulisan karena di sini orang membaca tapi tidak melihat langsung ke dalam kehidupan gua, tidak melihat wajah gue waktu menulis, ngga ngeliat muka gua kalo lagi marah maupun nangis? Apakah blog termasuk dari keterbukaan? Maybe yes, maybe not. In fact banyak yang lebih suka gua tulis dalam hati gua.

Sejak SMP (atau mungkin bahkan SD?) gua suka banget nulis. Walaupun semasa gua belum kenal Tuhan, tulisan gue cenderung 'mengerikan', mengekspresikan apa yang ngga bisa gua lakukan di dunia nyata, on fire, berkobar-kobar. Dan kemudian ketika masa itu berlalu tulisan itu gua robek atau gua bakar. Lalu masa yang baru dateng, gua nulis lagi, nyimpen tulisan gue dalam my secret place. Kemudian masa itu pun berlalu lagi. Dan tulisan gua kembali gua robek, buang, lempar ke tong sampah, atau celupin ke air. Well.. semua itu bener gua lakukan. Why? Karena gua cuma nulis buat ekspresi'in diri gua yang ngga bisa terbuka di dunia nyata dan lebih suka nyimpen semuanya sendiri. Dan ketika semua udah berlalu gua buang semuanya.. karena.. gua ngga mau ada yang nemuin tulisan itu (even kalo misalnya gua udah meninggal) dan orang itu ngebaca isi hati gue yg 'rapuh'. Semua diary dan puisi gua pun gone by the wind.

Sampe akhirnya gue kenal Tuhan.. gua masih kesulitan mengekspresikan diri gua. Entah kenapa gua ngga terlalu mau orang tahu diri gua yg sesungguhnya. Ngga tau kenapa. Mungkin krn gua takut tertolak? Mungkin krn gua .. just tidak ingin? *sigh* gua bener-bener ngga tau.

Sohib gua dimana jadi tempat praktek gue belajar terbuka pada awalnya gua kuliah saat ini hadir di sini, suka ngintipin blog ini, suka kentut, tapi sampe mati dipaksa juga ngga mau bikin blog. Kenapa? Hmm.. jangan-jangan dia punya 'penyakit' yang sama dengan gua? Hehe.. Well.. somehow sedikit. ^^ But dari sohib ini dan bbrp sesudahnya gua belajar banyak untuk muntah pada tong sampah kehidupan yang tersedia. Walau gua pernah juga sich.. tumpah pada tong sampah yang salah... dan akibanyatnya tau donk... ^^ back stubber... (pernah gua singgung dikit pas komen di bloggie nya si OenOen, kincli badut (eh salah ya? kincli bawel, hehe.. ). but paling engga dari kasus ini gua semakin belajar menghargai orang yg cerita sama gue. Paling tidak dr kerahasiaannya.

But anyway.. sampe hari ini gua masih belum totally terbuka but much better untuk some person.. mungkin itu lah kenapa gua ngga terlalu gampang 'sembuh' ya? Healed only by the grace and the power of the Words...
Thank God...

No comments: