Wednesday, April 14, 2004

Bagaimana anak Tuhan dalam bekerja..

Aduh sedihnya doneeh lagi under maintenance.. jadi gua ngga bisa bales komen-komennya. Ya sutra lah, pasrah besok aja.. >:)

Hari ini gua dateng ke kantor.. But cuma sebentar. Hehehe.. gua minta kerjaan nya gua kerjain di rmh aja. Walaupun akhirnya gua kerjainnya malem coz keluar dari kantor gua harus nunggu driver gua yg entah dimana sampe 2 jam lamanya, lalu nyampe rumah akhirnya sore juga dan pulangnya cepet-cepet mandi dan keluar lagi. But gua bisa ngungkapin pendapat gue.. and bisa nge-design di rumah aja.

Ohya talking about kerjaan... (especially yg masih kerja sama orang kaya gue gini) gua pernah share sama istri dari cell leader gue soal apa yg menjadi pertanyaan gua berkali-kali..

Gua nanya gini:

"Ci saya bingung deh.. sebagai anak Tuhan saya tahu bahwa kita harus bekerja seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Tapi sampai sebatas mana? Sebab kalo misalnya pelayanan, misalnya saya diminta dateng Rabu, dan kemudian ngga selesai, lalu Kamis, Jumat, Sabtu saya harus dateng lagi. Saya akan dateng dgn kerelaan walau awalnya cuma dibilang Rabu doank. Padahal saya ngga dibayar. Saya pelayanan. Tapi saya rela. Tapi kalo misalnya kaya saya kerja sekarang. Agreement nya Selasa dan Kamis, lalu saya diminta dateng Selasa sampai Jumat, saya merasa ngga rela. Tapi kalo memang 'untuk Tuhan' harusnya saya rela donk? Tapi kok saya jadi merasa dibodohi?"

Untuk yg pernah baca case gue sama bos gua pasti tau donk bos gua suka ingkar janji masalah agreement dan gua ngga berdaya. Juga gua pernah feel guilty banget karena pernah lie to him demi ngga masuk karena dia udah ngelanggar perjanjian gua. Padahal sebenarnya kewajiban gua kerja 2 hari doank dan gua memang digaji seharga 2 hari per minggu. Masuk lebih itu ngga ada uang lembur tentunya.

Dan untuk informasi, bos gua pernah negur gue bawa-bawa 'anak Tuhan' (dia juga orang Kristen) dan terus terang itu cukup nyakitin gue apalagi waktu gua denger dia berbohong dengan lancar.

Lalu istri cell leader gue jawab gini:

"Ada Firman Tuhan yang berkata: Tunduklah pada pemerintahmu. Dan Tuhan itu memegang perjanjian. Kalo bos kamu juga anak Tuhan dan bawa-bawa ayat untuk mojokin orang, itu ngga benar. Karena dia juga harusnya tahu bahwa dia harus tunduk pada peraturan pemerintah dan taat pada perjanjian yang dia buat sendiri."

Untuk informasi lagi, pemerintah punya peraturan buat perusahaan, antara lain:
1. Bila karyawan lembur, perusahaan harus membayar sekian persen dari gaji (entah berapa gua ngga tau)
2. Karyawan punya kewajiban kerja 8 jam sehari, selama 5 hari, dan kemudian pada hari ke-6 dia berhak libur (jadi di luar 8 jam itu = lembur)
Nah sayangnya perusahaan di Indo itu boro-boro taat sama peraturan, yang ada karyawannya dibodohi.

Lalu cici itu juga ngomong gini:

"Kalau misalnya kamu bekerja dan kamu ngga enak perasaannya, bersunggut-sunggut, itu berarti damai sejahtera kamu sudah dicuri oleh iblis dan itu ngga benar. Coba kamu berdoa apakah memang di sana kamu harus bekerja. Dan kalo begitu kita kan jadi menghakimi kan?"

Gua mikir... iya sich bener. Gua juga jadi berdosa.

Susahnya untuk tetep damai sejahtera kalo udah dalam keadaan digencet.


But setelah berbicara, merenung, dan malam sebelum tidur gua terus berdoa supaya damai sejahtera gua ngga hilang ketika gua bekerja, akhirnya tadi gua merasa lega sekali. Awalnya gua sempet 'diserang', ngga tau kenapa ada feeling ngga enak pas gua baru bangun tidur. Rasanya berat sekali melangkah ke kantor. Gua merasa damai gua mau dicuri lagi dan gua berdoa dalam hati.. Tapi ternyata pas sampai di kantor, tiba-tiba gua berani aja bilang bahwa gua bawa pulang aja kerjaannya. Lalu bisa deh.

Dan gua lega sekali karena gua jadi tahu bahwa ternyata anak Tuhan juga ngga 'bodoh', iya aja apa kata bos yg suruh kerja pagi-siang-malem tanpa uang lembur dgn alasan "untuk Tuhan dan bukan untuk manusia". Karena ada temen kantor gua yg sampe pulang jam 4 pagi tanpa digaji lembur dan dia ce. Dia anak Tuhan juga. Tapi Tuhan juga lengkapi dgn 'taat pada pemerintahmu'. Memang firman Tuhan itu lengkap sekali. Dia adil, dan dia pasti bela kita. Yang harus kita lakukan hanya... berhenti menghakimi, mengampuni, dan lakukan kewajiban kita dgn yg terbaik seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Inilah pelajaran yang gua dapet hari ini... ^^

No comments: