Saturday, January 01, 2005

Part 1

Kadang gua ngerasa gua ngga berperasaan... especially menyangkut orang yg terlalu self pity dan kehidupannya penuh dengan keluh kesah.. dan segala macem masalah yg berulang-ulang seperti sebuah pola yg tdk pernah ada habisnya. and especially lagi kalo orang itu co. Hmm ... kesannya gender banget kali ya?

But anyway.. mang gua orang yang berkeyakinan bahwa manusia itu sedikit banyak harus punya keinginan untuk berdiri tegap. Gua orang yg gampang berempati. Kasihan dan mendengarkan dengan seksama masalah temen.. bahkan ngga jarang sampe malem diminta keluar pun gua jabanin, sampe pulang jam 3 pagi. But kalo sudah tahun berlalu dan masalah pun masih mengikuti pola yg sama.. gua jadi berpikir ulang.. sebenernya permasalahnnya itu ada dimana? Ada di situasi, komunitas, ataukah sebenernya justru ada pada orang itu sendiri? Tentu nya ada hal-hal khusus yg bisa jadi memang salahnya ada di faktor eksternal. But gua tetep percaya.. faktor internal lah yg mempengaruhi seseorang itu akan menjadi manusia yg seperti apa.

Gua, mungkin sebagai manusia intim sekaligus dominan.. punya empati yg besarrr untuk ikut bersukacita dan bersedih dengan orang yg melekat dalam hati gua. But di lain pihak juga punya kekerasan (atau keteguhan?) hati untuk tidak menyukai kompromi yg terus menerus akan sikap internal seseorang yg terus memutuskan untuk tinggal di bawah dan tidak mau bangkit. Gua tahu gua cukup optimis untuk merasa yakin bahwa manusia bisa bangkit, bila dia mau!

Dalam beberapa kasus gua akhirnya memutuskan untuk melangkah mundur dalam usaha menjadi pendengar dan pendukung yang baik. Terutama bila manusia nya mulai menganggap diri gua bukan lagi sebagai pendengar dan pendukung tapi secara bertahap mulai menganggap gua sebagai solusi. Atau... bila manusia nya mulai gua sadari sebenarnya tdk pernah mendengarkan (walaupun dia mendengar) apa pun yang menjadi dukungan yang gua berikan. Mungkin gua type yang berpikir bahwa bila kelembutan tdk bisa mengatasi... terkadang rotan itu jalan keluarnya.

And tentunya sedikit banyak gua bisa merasa siapa yang punya kelembutan hati untuk mau diubah... siapa yang tidak...
So, anyway.. gua bukan talking about si 'lonceng cantik'.. hehe...

No comments: