Wednesday, June 02, 2004

Tadi di kantor gua ngobrol dgn bbrp teachers.. dan juga salah satu teachers, sebut saja S, emosi dengan teacher lain, sebut saja A, karena 1 perkara yang sebenarnya kesalah paham'an saja. Waktu S ke belakang A talked dgn (anggap saja B), dia bingung kenapa S masih emosian sekali walaupun baru mengalami pemulihan. Gua komen dikit. Tidak banyak, krn gua tdk suka terlibat. Miss A sangat bijaksana dlm menanggapi emosi miss S. Dia tetap tenang, sama sekali ngga marah. Nadanya tdk tinggi. Luar biasa. Buat gua miss A sangat dewasa. Kagum gua. Mengigat karakter asli dia itu orang Dominan-Cermat (Kolerik-Melankolis) yg secara emosi itu juga tinggi. Tapi karakter yg dewasa dan dipulihkan memang indah ya. And yg hebat juga dia kemudian ndak berminat melanjutkan talk about miss S krn itu berarti talk behind her. And itu yg memang sangat gua setujui. coz I feel bad when some people start to say that miss S itu karakternya kurang baik.

Gua pulang dgn miss G dan C. G bila kita semua harus saling belajar memahami karakter. Memang G itu salah satu orang yang paling lama ada di kantor. Dia sudah kenal benar dgn teachers lain. And gua juga merasa nyaman talked dgn dia. Di mobil, C membahas ttg miss S. I feel a bit kurang enak while dia talked ttg miss S. Waktu itu gua sempet bilang bahwa, "dia itu orang yang terluka and feel rejected. Kalo people merasa tertolak dia biasanya punya 2 pertahanan. 1: lari bersembunyi, 2:defense. Dan miss S itu yg deffense." Lalu C bilang, "Jangan dia selalu mau dimaklumi dong." Then gua bilang, "Yang miss S harus lakukan itu memang harus belajar berubah. Tapi yang harusnya kita lakukan memang memaklumi kok."
And then gua bilang: "Seharusnya ada orang yg cukup bijaksana dan sabar, yang bisa masuk ke dalam hati miss S dan nasehatin dia. Orang yang mengasihi dia tentunya." Miss A itu sabar dan wise tapi mungkin belum ketemu 'celah' nya miss S. Gua bener-bener berharap miss S bisa makin punya karakter Kristus. Sempet kepikir ingin tulis surat yg appreciate dia sblm gua selesai magang.

satu hal yang harus gua jaga dalam hati gua adalah jangan sampai gua menghakimi org yg judge miss S. Coz begitu perasaan tdk enak muncul dalam hati gua... bisa 2 hal yang terjadi:
1. lampu merah menyala untuk keluar dr kumpulan pencemooh seperti yg di Mazmur 1.
2. iblis mengintai di sekeliling gua dan mulai nunding orang yg judge other people, which is hal itu akan menjadikan gua sama, judge orang lain juga.

Gua harus hati-hati sama hati dan pikiran gua. Karena apa yg keluar dr mulut itu mengalir dari hati. kalo hati gua ngga bersih, kata-kata yg gua ucapkan juga adalah menghakimi.

May God forgive me and make me strong.. cleans my heart each day, each time..

No comments: